Sabtu, 05 Maret 2016

Arthritis (Radang Sendi)

Arthritis (dari arthro- Yunani, + itis sendi, peradangan; jamak: artritis) adalah bentuk gangguan sendi yang melibatkan peradangan pada satu atau lebih sendi [1] [2] Ada lebih dari 100 berbagai bentuk arthritis [3.. ] [4] bentuk yang paling umum dari arthritis adalah osteoartritis (penyakit sendi degeneratif), akibat dari trauma pada sendi, infeksi sendi, atau usia. Bentuk arthritis lain rheumatoid arthritis, psoriasis arthritis, dan penyakit autoimun terkait. Septic arthritis disebabkan oleh infeksi sendi.

Keluhan utama oleh individu yang memiliki arthritis adalah nyeri sendi. Nyeri sering konstan, dan dapat diterjemahkan ke sendi yang terkena. Rasa sakit dari arthritis adalah dari peradangan di sekitar sendi, kerusakan sendi dari penyakit, pakaian sehari-hari dan air mata dari, strain otot sendi yang disebabkan oleh gerakan kuat terhadap sendi kaku dan menyakitkan, dan dari kelelahan.

Klasifikasi
Ada beberapa penyakit di mana nyeri sendi adalah yang utama, dan dianggap sebagai fitur utama. Umumnya ketika seseorang memiliki "arthritis" itu berarti bahwa mereka memiliki salah satu penyakit ini, yang meliputi:

osteoarthritis
Radang sendi
Gout dan pseudo-gout
septic arthritis
ankylosing spondylitis
arthritis juvenile idiopathic
Penyakit Still
Nyeri sendi juga bisa menjadi gejala dari penyakit lain. Dalam hal ini, arthritis yang dianggap sekunder untuk penyakit utama; ini termasuk:

Psoriasis (Psoriasis arthritis)
arthritis reaktif
Ehlers-Danlos Syndrome
hemokromatosis
Hepatitis
Penyakit Lyme
Penyakit Sjogren
Hashimoto Tiroiditis
Penyakit celiac [5]
sensitivitas gluten non-celiac [6] [7] [8]
penyakit radang usus (termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
Henoch-Schönlein purpura
Hyperimmunoglobulinemia D dengan demam berulang
sarkoidosis
Penyakit Whipple
reseptor TNF terkait sindrom periodik
Granulomatosis dengan polyangiitis (dan banyak sindrom vaskulitis lainnya)
demam Mediterania familial
Sistemik lupus eritematosus
Sebuah arthritis dibeda-bedakan adalah arthritis yang tidak masuk ke dalam kategori penyakit klinis terkenal, mungkin menjadi tahap awal dari penyakit rematik yang pasti. [9]

Prevalensi [sunting]
Cacat akibat gangguan muskuloskeletal meningkat 45% dari tahun 1990 hingga 2010. Dari jumlah tersebut, osteoarthritis adalah tercepat meningkatkan kondisi kesehatan utama. [10] Di antara banyak laporan tentang peningkatan prevalensi kondisi muskuloskeletal, data dari Afrika kurang dan diremehkan. Sebuah tinjauan sistematis menilai prevalensi arthritis dan termasuk dua puluh populasi berbasis dan tujuh studi berbasis rumah sakit. [11] Mayoritas studi, dua belas, berasal dari Afrika Selatan. Sembilan studi baik-dilakukan, sebelas studi yang berkualitas sedang, dan tujuh studi yang dilakukan buruk. Hasil tinjauan sistematis adalah sebagai berikut:

rheumatoid arthritis: 0,1% di Algeria (perkotaan); 0,6% di Republik Demokratik Kongo (perkotaan); 2,5% dan 0,07% di perkotaan dan pedesaan di Afrika Selatan masing-masing; 0,3% di Mesir (pedesaan pengaturan), 0,4% di Lesotho (rural setting)
Osteoarthritis: 55,1% di Afrika Selatan (perkotaan); berkisar 29,5-82,7% di Afrika Selatan berusia 65 tahun dan lebih tua
Lutut osteoarthritis memiliki prevalensi tertinggi dari semua jenis situs osteoarthritis, dengan 33,1% di pedesaan Afrika Selatan
Ankylosing spondylitis: 0,1% di Afrika Selatan (rural setting)
Psoriatic arthritis: 4,4% di Afrika Selatan (perkotaan)
Gout: 0,7% di Afrika Selatan (perkotaan)
Juvenile idiopathic arthritis: 0,3% di Mesir (perkotaan)
Tanda dan gejala [sunting]
fitur tambahan-artikular penyakit sendi [12]
nodul kulit
Lesi vaskulitis kulit
limfadenopati
Busung
inflamasi mata
uretritis
Tenosinovitis (selubung tendon efusi)
Bursitis (bengkak bursa)
Diare
ulserasi orogenital
Nyeri, yang dapat bervariasi dalam tingkat keparahan, adalah gejala yang umum di hampir semua jenis arthritis. Gejala lain termasuk pembengkakan, kekakuan sendi dan sakit di sekitar sendi (s). gangguan rematik seperti lupus dan rheumatoid arthritis dapat mempengaruhi organ-organ lain di dalam tubuh, menyebabkan berbagai gejala [13] Gejala mungkin termasuk.:

Ketidakmampuan untuk menggunakan tangan atau berjalan
Kekakuan, yang mungkin lebih buruk di pagi hari, atau setelah digunakan
Malaise dan kelelahan
berat badan
tidur yang buruk
nyeri otot dan nyeri
Kelembutan
Kesulitan bergerak bersama
Hal ini umum di arthritis canggih untuk perubahan sekunder yang signifikan terjadi. Misalnya, rematik mungkin membuat sulit bagi seseorang untuk bergerak dan / atau latihan, yang dapat menyebabkan efek sekunder, seperti:

Kelemahan otot
Kehilangan fleksibilitas
Penurunan kebugaran aerobik
Perubahan ini, selain gejala utama, dapat memiliki dampak besar pada kualitas hidup.

Cacat [sunting]
Arthritis adalah penyebab paling umum dari kecacatan di Amerika Serikat. Lebih dari 20 juta orang dengan arthritis memiliki keterbatasan yang parah pada fungsi sehari-hari. [14] Absensi dan sering berkunjung ke dokter umum pada individu yang memiliki arthritis. Arthritis dapat membuat sangat sulit bagi individu untuk menjadi aktif secara fisik dan beberapa menjadi rumah terikat.

Diperkirakan total biaya kasus arthritis adalah dekat dengan $ 100 miliar yang hampir 50% adalah dari penghasilan yang hilang. Setiap tahun, hasil arthritis di hampir 1 juta rumah sakit dan dekat dengan 45 juta kunjungan rawat jalan ke pusat-pusat pelayanan kesehatan. [15]

Penurunan mobilitas, dalam kombinasi dengan gejala di atas, dapat membuat sulit bagi seorang individu untuk tetap aktif secara fisik, berkontribusi terhadap peningkatan risiko obesitas, kolesterol tinggi atau kerentanan terhadap penyakit jantung. [16] Orang-orang dengan arthritis juga mengalami peningkatan risiko depresi, yang mungkin merupakan respon terhadap berbagai faktor, termasuk takut memburuknya gejala. [17]

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan klinis dari profesional kesehatan yang tepat, dan dapat didukung oleh tes lain seperti radiologi dan tes darah, tergantung pada jenis dicurigai arthritis. [18] Semua arthritides berpotensi memiliki rasa sakit. pola nyeri mungkin berbeda tergantung pada artritis dan lokasi. Rheumatoid arthritis umumnya buruk di pagi hari dan terkait dengan kekakuan; pada tahap awal, pasien sering tidak menunjukkan gejala setelah mandi pagi. Osteoarthritis, di sisi lain, cenderung lebih buruk setelah latihan. Dalam usia dan anak-anak, rasa sakit tidak mungkin fitur menyajikan utama; pasien berusia hanya bergerak sedikit, pasien infantil menolak untuk menggunakan anggota badan yang terkena. [rujukan?]

Unsur-unsur sejarah diagnosis panduan gangguan. fitur penting adalah kecepatan dan waktu onset, pola keterlibatan bersama, simetri gejala, awal kekakuan pagi, kelembutan, pembentuk gel atau mengunci dengan aktivitas, menjengkelkan dan menghilangkan faktor, dan gejala sistemik lainnya. Pemeriksaan fisik dapat mengkonfirmasikan diagnosis, atau mungkin menunjukkan penyakit sistemik. Radiografi sering digunakan untuk mengikuti perkembangan atau membantu menilai keparahan.

Tes darah dan sinar-X dari sendi yang terkena sering dilakukan untuk membuat diagnosis. Skrining tes darah menunjukkan jika artritis tertentu yang diduga. Ini mungkin termasuk: faktor rheumatoid, faktor antinuclear (ANF), antigen nuklir diekstrak, dan antibodi spesifik.

0 komentar:

Poskan Komentar