Rabu, 04 Mei 2016

Sidaguri, Tumbuhan Obat Asam Urat

Salah satu jenis herbal yang ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat adalah sidaguri. Tanaman ini bahkan sudah melalui uji klinis dan telah diekstrak serta diproduksi secara massal untuk dijual secara bebas karena memang tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi kesehatan. Seperti apa tanaman sidaguri dan zat apa yang terkandung pada herbal ini sehingga dapat mengatasi penyakit yang dalam istilah medisnya disebut gout? Berikut penjelasan singkatnya.

Asam Urat
Sebelum mengenal lebih jauh tentang sidaguri, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat. Penyakit yang dalam istilah medis disebut gout ini merupakan radang sendi yang disebabkan adanya pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar bagian persendian. Penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat tersebut disebabkan karena tingginya kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh.

Asam urat merupakan residu yang dihasilkan dari pemecahan zat purin di dalam sel-sel tubuh. Karena merupakan limbah, maka secara otomatis tubuh membuang asam urat dengan bantuan ginjal melalui urine dan keringat. Persoalannya, pada sebagian orang jumlah asam urat yang diproduksi lebih tinggi disbanding yang dibuang. Akibatnya, asam urat yang masih tersisa di dalam tubuh akan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi serta membentuk Kristal-kristal natrium urat yang tajam.

Kristal-kristal natrium urat tersebut, beberapa diantanya ada yang keluar dari tulang rawan dan membentuk lapisan di sekitar persendian yang disebut sinovium. Lapisan sinovium inilah yang saat terjadi peradangan menimbulkan rasa sakit. Karena penyebab awal dari rasa sakit akibat tingginya kadar asam urat, maka penyakit yang satu ini dikenal dengan nama penyakit asam urat

Sidaguri
Sidaguri
Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu jenis herbal yang ampuh untuk mengatasi gout adalah sidaguri. Tanaman ini sendiri sebenarnya merupakan gulma bagi para petani yang dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman pokok. Namun dibalik keberadaannya yang mengganggu tanaman pertanian, herbal yang memiliki nama latin Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn ini dikenal manjur untuk mengobati berbagagi macam penyakit, utamanya gout.

Tanaman sidaguri adalah jenis tanaman perdu yang tumbuh liar di daerah-daerah beriklim tropis, utamanya di wilayah yang memiliki ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tingginya sekitar 1- 2 meter dengan bentuk daun bulat telur memanjang dan memiliki gerigi pada bagian tepinya. Sidaguri memiliki bunga tunggal berwarna kuning yang saat mekar pada siang hari hanya mampu bertahan selama 3 jam, dengan buah berupa kendaga.

Seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, karena batangnya mengandung tannin dan kalsium oksalat, akarnya mengandung ephedrine, steroid dan alkaloid, sedang daunnya mengandung saponin, alkaloid, kalsium oksalat, asam amino,minyak atsiri dan fenol. Dengan kandungan zat kimia alami dan senyawa tersebut, sidaguri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi malaria, influenza, kencing batu, radang usus, sakit perut, bisul, eksim, amandel, sakit gigi, sariawan, asma, dan berbagai jenis penyakit lainnya, termasuk asam urat.

Sidaguri dapat digunakan untuk mengobati asam urat karena mengandung senyawa aktif turunan benzofinon glikosida yang dapat meminimalisir pembentukan poxanthine yang memicu pembentukan purin sebagai penyebab asam urat. Kandungan senyawa bermanfaat yang dapat mengatasi gout ini telah diteliti oleh Prof. Dr. Anas Subarnas,MS Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran.

Senyawa aktif turunan benzofinon glikosida tersebut terdapat di seluruh bagian sidaguri utamanya pada bagian akar. Itu sebabnya untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai obat asam urat caranya adalah dengan merebus seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang hingga daunnya bersama satu liter air. Setelah air tinggal separuhnya, angkat rebusan ramuan dan saring. Minumlah air tersebut sehari 3 kali sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Karena rasanya sedikit langu, dapat pula ditambahkan gula pasir atau madu secukupnya. Jika pengobatan ini dilakukan secara rutin selama 3 hari berturut-turut, penyakit asam urat dipastikan akan sembuh. (*)


0 komentar:

Poskan Komentar